Soal dan Jawaban UN Bahasa Indonesia SMP

1. Bacalah paragraf berikut!
Tidak ada yang menyangkal bahwa As1 adalah makanan pokok terbaik bagi seorang balita. ASI mengandung berbagai zat yang memang dibutuhkan bayi. Sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa manfaat air susu ibu itu mampu membangun sistem imunisasi anak.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah

A. ASI adalah makanan pokok terbaik balita
B. ASI membangun sistem imunisasi
C. ASI mengandung berbagai zat
D. Makanan terbaik bagi balita

1. Jawaban: A
Gagasan utama merupakan inti permasalahan dalam paragraf tersebut. Gagasan utama berada di kalimat utama. Pada paragraf tersebut, kalimat utama berada di awal kalimat yang menyatakan tentang ASI merupakan makanan pokok yang terbaik bagi balita

2. Bacalah paragraf berikut!

(1) Jahe adalah rempah yang dapat menghangatkan tubuh.
(2) Rempah ini sudah Lama digunakan sebagai obat.
(3) Rempah ini mampu menurunkan koLesterot untuk meningkatkan metaboLisme.
(4) Rempah ini juga mampu untuk membunuh sel kanker.
(5) Selain digunakan sebagai bumbu, juga bisa diseduh air hangat.

Kalimaat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor

A. (5)
B. (4)
C. (2)
D. (1)

2. Jawaban: D
Kalimat utama adalah kalimat yang memuat ide pokok. Kalimat utama pada paragraf tersebut berada di kalimat pertama yang menyatakan Jahe adalah rempah yang menghangatkan tubuh.


Bacalah dua kutipan berikut ini untuk soal no. 3 dan 4!

Teks 1

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Nusa Tenggara Timur, BLasius Jemiun, mengatakan kondisi terumbu karang di perairan wilayah NTT saat memprihatinkan. Hal ini disebabkan karena ulah manusia yang melakukan aktivitas penangkapan ikan yang selalu menggunakan bahan peledak. Keragaman terumbu karang di NTT cukup banyak dan potensinya hampir merata di semua perairan wilayah itu. Namun, saat ini terumbu-terumbu karang itu terancam dan sebagian besar rusak karena ulah manusia atau oknum tidak bertanggung jawab. Saat ini hanya sekitar 7.6 persen terumbu karang yang terdapat di areal 154.341,45 hektare perairan NTT yang masih dalam kandisi baik. Terumbu karang yang rusak serius mencapai 23,5 persen dan yang kondisinya rusak sedang sebanyak 58,8 persen.

Teks II

Kondisi terumbu karang di kawasan pesisir pantai Pulau Pagang yang terletak di Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumata Barat mengalami kerusakan yang sangat parah. Hal itu terpantau pada penyelaman yang dilakukan oteh tirn survei Lapangan identifikasi potensi dan pemetaan puLau-pulau kecil di Kabupaten Pesisir Selatan dan Pasaman Bamt, Senin, 4 Juli 2013. Koordinator tim tersebut, Haffiandri DamanhuH dan Fakultas Perikanan dan ILmu KeLautan Universitas Bung Hatta, Padang, mengatakan kondisi terumbu karang di kawasan itu datam keadaan jelek.

3. Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah

A. penyebab kerusakan terumbu karang
B. kondisi terumbu karang yang mengalami kerusakan
C. keragaman yang ada di terumbu karang terancam punah
D. punahnya terumbu karang yang ada di Indonesia

3. Jawaban: B
Kesamaan dalam hedta dapat berisi tentang siapa yang diberitahukan, apa yang diberitakan, di mana peristiwa itu terjadi, kapan pedstiwa itu terjadi, mengapa peristiwa itu terjadi, dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Teks berita I dan teks berita II sama-sama mem bahas tentang kondisi terumbu karang di Indonesia yang mengalami kerusakan.

4. Perbedaan penyajian teks tersebut adalah

A. Teks berita I apa, mengapa, bagaimana,
Teks berita 11 kapan, siapa, bagaimana
B. Teks berita I apa, mengapa, bagaimana,
Teks berita 11 diamana, siapa, bagaimana
C. Teks berita I apa, mengapa, bagaimana,
Teks berita 11 kapan, siapa, bagaimana
D. Teks berita I apa, mengapa, bagaimana,
Teks berita 11 dimana, siapa, bagaiamana

4. Jawaban: D
Untuk mencari perbedaan pada teks yang berbeda adalah harus mengetahui terlebih dahulu setiap kalimatnya, karena di setiap kalimat merupakan jawaban. Tentukan pertanyaan (5W+1H) yang pafing tepat untuk jawaban dari kalimat itu sendiri. Perbedaan yang terdapat dalam kedua teks berita tersebut terdapat pada jawaban D.

Bacalah kutipan biografi berikut untuk soal no 5 dan 6!

Buya Hamka merupakan putra dari Syekh Abdul Karim bin Amrultah, seorang ulama di Tanah Minang. Buya Hamka mengawali pekerjaannya sebagai guru agama pada tahun 1927 di Perkebunan Tebing Tinggi, Medan. Hamka juga pernah menjadi guru agama di Padang Panjang. Dari tahun 1957 hingga 1958, Hamka menjabat dosen di Universitas Islam Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah, Padang Panjang. Setelah itu, beliau diangkat menjadi Rektor Perguruan Tinggi Jakarta dan Profesor Universitas Mustopo, Jakarta. Beliau seorang anak yang rajin dan ulet dalam bekerja. Dari tahun 1951 hingga tahun 1960, beliau ditantik sebagai Pegawai Tinggi Agama oleh Menteri Agama Indonesia. Akan tetapi, Hamka meletakkan jabatan itu ketika Ir. Sockamo menyuruh beliau memilih antara menjadi pegawai negeri atau bergiat dalam poLitik Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

5. Isi kutipan biografi tersebut adalah

A. pekerjaan orang tua Buya Hamka
B. riwayat pekerjaan Buya Hamka
C. karya-karya Buya Hamka
D. pendidikan Buya Hamka

yaitu untuk berita I diawali dengan pertanyaan "Apa", kalimat kedua "mengapa", dan untuk kalimat ketiga "hagaimana", sedangkan untuk berita II diawali pertanyaan "di mana", kalimat kedua "siapa", dan kalimat berikutnya "bagaimana"
Jawaban: B
Biografi merupakan kisah seseorang yang dituris oleh orang lain. Yang berisi tentang riwayat hidup/biodata dad tokoh tersebut. Yang harus ada daram hiografi adala h hal yang patut diteladani, keistimewaan, dan isi dari biografi itu sendiri tentang apa. Untuk pertanyaan tersebutyang ditanyakan adalah isi dari biogmfi tersebut. Yang paling tepat untuk isi biografi adalah mengenai dwayat pekerjaan dari Buya Hamka..

6. Hal. yang dapat diteladani dari kutipan biografi Buya Hamka adalah

A. rajin dan uret
B. gigih dalam bekerja keras
C. keras kepala dalam pekerjaan
D. suka rnencoba yang baru

6. Jawaban: A
Teladan merupakan salah satu yang harus diperhatikan dalam biografi. Teladan merupakan sifat dari tokoh biografi tersebut yang menjadi panutan bagi para pembaca. Sifat teladan yang patut diteladani dari biografi tersebut adalah Buya Hamka anak yang rajin dan ulet dalam bekerja.

7. Perhatikan kalimat iklan berikut!

KULIAH DI BSI AJA!! Kenapa?
(1) Biayanya tidak mahal.
(2) Kerja sama dengan 6 bank nasional.
(3) Dosen profesional dan terlatih.
(4) Fasilitas kampus modern.
(5) Tatal biaya yang dikeluarkan Lebih efesien.

Penjelasan kahmat nomor (5) pada iklan tersebut adalah

A. jumlah yang dikeruarkan mahasiswa Lehih banyak
B. jumlah yang dikeluarkan orang tua lebih bervariasi
C. jumLah seluruh biaya kuLiah yang dikeloarkan lebih hemat
D. jumlah yang dikeLuarkan mahasiswa lebih sedikit

7. Jawaban: C
Iklan merupakan bentuk informasi yang ditunjukkan kepada orang lain. Pada kalimat (5) total biaya yang dikeluarkan lehih efisien

8. Perhatikan gambar iklan berikut!


Maksud iklan tersebut adalah

A. mengajak untuk menebang pohon
B. mengajak untuk menjaga kelestarian
C. mencegah pembangunan pada rumah kaca
D. mengajak untuk tetap menghijaukan bumi
merupakan tujuan untuk menarik konsumen agar tertarik dengan apa yang diiklankan. Kata efisien merupakan sinonim dari kata hemat.
8. Jawaban. D KaHmat yang sesuai dengan ilustrasi pada gambar di atas adalah mengajak untuk tetap menghijaukan humi. Karena kalimat "mengajak untuk menjaga kelestarian" hanya merupakan kalimat penjelas saja dalam gambar.

9. Perhatikan iklan herikut:

Maksud dari iklan tersebut adalah
A. buku merupakan masa depan kita
B. ilmu merupakan masa depan untuk menjadi lebih baik
C. kalau mau mencari ilmu harus bersama buku
D. kalau mau hidup baik harus banyak membaca

9. Jawaban: B
Iklan tersebut menginformasikan bahwa ilmu merupakan masa depan untuk menjadi lebih baik.

10. Bacalah teks berita berikut!
Formalin merupakan salah satu zat berbahaya Formatin adatah Larutan yang tidak benvarna dan baunya sangat menusuk. Fonnalin sangat efektif untuk membunuh kuman sehingga digunakan untuk pembersih lantai, gudang, pakaian, dan kapal. Formatin dapat menyebabkan Luka bakar dan penyakitjika terhirup, mengenai kulit, serta tertelan oleh manusia. Penyakit-penyaldt yang disebabkan formalin dapat berupa iritasi saluran pernapasan, reaksi atergi, dan kanker.
Simpulan isi paragraf tersebut adaLah

A. Formalin adalah salah satu zat yang berbahaya bagi manusia
B. Formalin adalah salah satu zat berbahaya
C. FormaLin digunakan untuk obat pembunuh kuman
D. Formalin dapat menimbutkan penyaldtjika terhirup, mengenai kulit, dan tertelan oleh manusia
10. Jawaban: A
Simpulan merupakan sesuatu yang disimpulkan atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan Letak gagasan utama. Kalimat simpulan merupakan kalimat yang mengandung gagasan paling umum dari kalimat-kalimat yang Lain. Jadi, simpuLan isi paragraf tersebut adalah formalin adalah salah satu zat yong berbahaya bagi manusia.

11. Cermati denah berikut!

Perjalanan yang tepat dari RT menuju ke Puskesmas adalah

A. dari RT Lurus terus meLewati SD, kemudian lurus terus melewati RT 2, Puskesmas ada di sebeLah kanan
B. dari RT perempatan belok kanan melewati bank, pertigaan belok ke kiri melewati SMP, Puskesmas ada di sebelah kiri
C. dari RT Lurus terus sampai SD, di SD ada perempatan Lalti belok ke kanan menuju SMP, pertigaan belok kanan Puskesmas ada di sebelah kiri
D. dari SD Lewati SMP, pertigaan belok ke ki ri Lurus terus, Puskesmas ada di sebelah kiri
11. Jawaban: A
Denah merupakan arah di mana kita bisa menuju Lokasi yang sesuai dengan apa yang kita cad. Untuk mempermudah menemukan Lokasi yang belom kita ketahui. Carilah jalan yang mudah untuk dilalui. Dari denah tersebut yang paling cepat adalah A.

12. Cermati tabel di bawah ini!

Perkembangan Harga Beras dan Minyak Goreng Kemasan

Pernyataan yang sesuai dengan isi tabeltersebut adalah

A. harga minyak pada bulan Juni 2014 mengalami kenaikan
B. kenaikan harga minyak yang paling tinggi terjadi pada bulan Mei 2014
C. harga kedua komoditas selama empat buLan mengaLami kenaikan
D. harga kedua komoditas mengalami penurunan pada bulan Juni 2014
12. Jawaban: B
Tabel merupakan sejumlah informasi yang berupa kata-kata dan bfiangan yang tersusun. Dalam tabel biasanya yang ditanyakan adalah besar keciLnya dalam perkembangan, perhatikan di setiap kolom tabel. Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah kenaikan harga minyak yang paling tinggi terjadi pada bulan Mei 2014.

13. Perhatikan bagan berikut ini! Bagan Panitia HUT RI Tahun 2014

Pertanyaan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah
A. Kapan seksi dokumentasi bertanggung jawab kepada bendahara?
B. Mengapa kedudukan bendahara sejajar dengan sekretmis?
C. Bagaimana kedudukan seksi bazar dengan seksi lomba?
D. Apa tugas seksi perlengkapan pada kegiatan tersebut?

13. Jawaban: B
Bagan adalah skema atau gambaran secara analisis dan statistik tentang proses yang terjadi. Untuk menemukan bagan, kamu harus memperhatikan atau mengamati isi dad bagan itu sendid. Perhatikan garis yang ada pada bagan itu, mengarah ke mana. Untuk pertanyaan yang tepat dalam bagan tersebut tidakjauh dad unsur 5W+1H. Pertanyaan yang sesuai untuk bagan tersebut adalah mengapa kedudukan bendahara sejajar dengan sekretaris

14. Cermatilah grafik berikut!

Berdasarkan grafik di atas pernyataan yang betut adalah

A. Jurnlah pendudukdan kemiskinan di Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat
B. JumLah penduduk di setiap tahunnya selatu berubah-ubah dan untuk tingkat kemiskinan juga berubah-ubah
C. Jumlah penduduk dan judah kemiskinan seimbang
D. Jumlah penduduk meningkat dan jumlah kemiskinan pun meningkat
14. Jawaban: B
Grafik merupakan pernyataan yang sesuai dengan informasi yang disajikan dalam grafik. Tanda naik ditunjukkan dengan garis midng yang menunjukkan angka yang Lebih tinggi, tanda turun ditunjukkan dengan gads miring yang menunjukkan angka Lebih rendah, sedangkan tanda tetap ditunjukkan dengan garis rata atau vertikal.

15. Bacalah puisi berikut!

Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlatian
Bila datang harus waspada
Bila ada harus siaga
Ladlah keluar rumah
Gempa bumi tidak dapat dihindad
BerdoaLah kepada
Tuhan Agar engkau diLindungi
Tema puisi tersebut adalah

A. korban gempa bumi
B. waspada gempa bumi
C. Lokasi gempa bumi
D. gejala gempa bumi
15. Jawaban: B
Tema dalam puisi merupakan inti dad isi puisi tersebut, untuk menemukan tema dalam puisi, terlebih dahulu harus mengetahui setiap baris dalam puisi. Tema puisi tersebut waspada gempa bumi. Perhatikan di kata waspada, siaga, dan larilah pada bait kedua. Itu merupakan kewaspadaan dalam gempa bumi. 16. Bacalah kutipan puisi berikut!

(1) Di Cikajang ada gunung
(2) Lembah Lengang menyayat hati
(3) Bintang pahLawan di dada
(4) Sunyi di atas belati
(5) Kembang rampe di kuburan
(6) Setalo jauh kekasih
Lirik (2) dan (4) puisi tersebut menggunakan citraan

A. pengLihatan
B. perasaan
C. perabaan
D. pendengaran
16. Jawaban: B
Citraan dalam puisi ada enam macam: pengLihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, perasaan, dan perabaan. Citraan berhubungan dengan panca indra manusia. Pada puisi di atas pada Ladk ke-2 dan ke-4 puisi di atas merupakan citraan perasaan.

17. Bacalah kutipan puisi berikut!

1) Terdengar batu itu menjerit
2) Mengantarkan mimpi petani
3) Dambakan sebidang sawah
4) Yang kini telah berubah
5) Jadi rumah-rumah mewah
Majas pada puisi tersebut terdapat pada Larik ke

A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (5)
17. Jawaban: A
DaLam puisi untuk majas yang sering keLuar adalah personifikasi, hiperhola, dan majas perumpamaan. Puisi di atas mengandung majas hiperhola. Hiperbola merupakan majas yang berlebih-lebihan. Personifikasi merupakan majas yang menjelaskan tentang benda mati seolah-olah hidup. Sedangkan perumpamaan adalah apabila dalam puisi tersebut terdapat kata: seperti, bagai, bagaikan, laksana, bak. Jawaban yang tepat pada puisi tersebut adalah hiperbola yang menyatakan bedebih-Lebihan pada kata "terdengar batu menjerit" dan "mengantarkan mimpi petani".



18. Bacalah kutipan cerpen berikut!

"Kau sudah makan, Maman?" tanya Ibu begitu sampai di rumah.
"BeLum, Bu" "
BeLum, mengapa?"
"Nenek tidak mau menolong mengambilkan keranjang. Ibu sendid tidak dapat menjangkau tempat makananku. Nenek menyuruhku menggunakan kursi antiknya, tetapi aku tidak boleh menyeret benda mahalitu. Kata nenek, kursi antiknya tidak boLeh Lecet."
Penggambaran watak nenek pada kutipan cerpen tersebut adalah
A. diaLog antartokoh
B. pelukisan tindakan
C. penjelasan pengarang
D. diceritakan oleh tokoh Lain

18. Jawaban: D
Watak daLam cerita merupakan sifat dari para pemain. Terdapat beberapa macam cara menggambarkan karakter dalam cerita. Pertama dialog antartokoh. Cerita ini disebut diaLog antartokoh apabila dalam cerita para tokoh menceritakan karakternya secara dialog. Kedua peLukisan tindakan, apabila dalam cerita si pengarang menceritakan karakter tokohnya dengan tindakan atau sikap si tokoh. Ketiga penjelasan pengarang, apabila dalam cerita si pengarang mencedtakan sifat atau karakter tokohnya diceritakan Langsung oleh pengarang. Tanpa ada tindakan dan dialog. Keem pat diceritakan oleh tokoh Lain, apabila karakter dari tokoh diceritakan oleh tokoh lain yang sedang berdialog atau yang sedang diceritakan. Jadi, tokoh nenek daLam cerpen tersebut diceritakan oleh tokoh Lain, yaitu Maman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel